Negara Maritim


Negara maritim adalah negara yang mempunyai wilayah kekuasaan laut yang luas serta tersimpan berbagai kekayaan sumber daya alam di wilayah tersebut. Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut yang mengelilingi pulau-pulau besar dan kecil, sehingga Indonesia disebut juga sebagai negara kepulauan, karena terdiri dari 13000 pulau besar dan kecil yang membentang dan bertebaran dari Sabang sampai Merauke.

Berbagai macam jenis flora dan fauna juga tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hutan tropis yang terhampar di Negeri Katulistiwa ini menyimpan berjuta macam jenis tanaman yang dapat digolongkan kedalam berbagai klasifikasi misalnya kelompok pangan yaitu padi, jagung dan buah-buahan. Kelompok sandang misalnya tanaman kapas dan kelompok industri, misalnya Pohon Jati, Sengon, rotan dsb.

Kelompok tanaman sedap-sedapan juga cukup tersedia misalnya tembakau dan rempah-rempah serta obat-obatan misalnya jahe, kunyit dan sebagainya. Berbagai jenis hewan yang dilindungi antara lain harimau, gajah, orang utan, badak dan kelompok reptilia / komodo serta satwa lain yang telah dibudidayakan.

Kekayaan alam yang tak kalah penting yang harus di lindungi adalah ekosistem laut. Laut merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup dan hajat manusia termasuk satwa laut, apabila kekayaan laut tersebut dikelola dengan baik maka dapat menopang kekuatan ekonomi Bangsa Indonesia yang sedang terpuruk.

Devisa negara non migas dari laut kita mampu menyelamatkan kondisi perekonomian Tanah Air menuju bangsa yang mandiri terutama mengantisipasi terhadap pengaruh pergerakan krisis ekonomi global. Kekayaan migas misalnya minyak mentah yang dihasilkan dari dasar perairan di lepas pantai. Disamping itu laut dapat dimanfaatkan oleh manusia khususnya masyarakat nelayan terlatih sebagai tempat mata pencaharian utama misalnya menangkap ikan dan usaha niaga laut lainnya.

Ikan sebagai salah satu sumber kekayaan utama laut merupakan sumber ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Berbagai jenis ikan dan aneka tambang misalnya minyak mentah dan batubara dapat digali dari dasar perairan laut kita.

Pesona laut berupa pantai merupakan obyek wisata yang mampu menambah devisa negara sehingga diharapkan mampu membantu merampungkan pembangunan nasional lima tahunan maupun jangka panjang. Laut juga dapat dijadikan sebagai sarana menghubungkan antara pulau yang satu dengan pulau yang lain sehingga tercipta sarana transportasi laut yang kuat dan modern.

Seluruh potensi laut tersebut harus dikelola dengan baik dan profesional agar dapat memberikan kesejahteraan sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia, oleh karena itu usaha untuk memberikan kesejahteraan dari kekayaan laut salah satunya adalah menjaga dan menyelamatkan laut dari berbagai kerusakan misalnya pencemaran dan pencurian.

Pencemaran oleh limbah dapat merusak air laut yang berakibat banyak ikan yang mati dan rusaknya terumbu karang. Terumbu karang ini amat penting untuk menjaga ekosistem laut. Ia terbentuk dari ribuan bahkan jutaan kubik endapan batu kapur yang berasal dari berjuta-juta makhluk hidup renik yang berwarna-warni (polip karang). Terumbu karang ini sangat disukai oleh ikan-ikan laut karena banyak menyediakan makanan dalam jumlah besar yang terdiri dari plankton.

Pencemaran laut dan rusaknya terumbu karang dapat diakibatkan oleh pemboman laut, pencurian, penjarahan maupun tumpahan minyak. Oleh karena itu laut harus dijaga dan dilestarikan dari segala pencemaran dan perusakan yang lain agar laut dapat memberikan hasil dan manfaat kepada manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Negara Maritim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...