Inilah Arti dan Makna Dari Kata Sayang

Siapapun yang sedang merasakan cinta pada seseorang, tentunya pernah mengatakan sayang secara langsung atau hanya mengatakannya dihati saja. Ungkapan ini muncul dari dalam hati karena latah dengan orang di sekitar yang sering mengucapnya. Namun, biarpun begitu ungkapan sayang muncul tanpa paksaan dan secara tulus.

Ungkapan sayang ini dapat muncul kapanpun dan dimanapun Anda berada. Bisa saja Anda saat itu sedang memikirkan seseorang lalu terucap kata sayang tanpa ada orang itu disebelah Anda. Atau saat Anda sedang bersama seorang kekasih, lalu muncul keinginan untuk tetap menjaganya dan melindunginya, maka kata sayang cukup tepat untuk diucapkan saat itu.



Berikut ini adalah beberapa jawaban tentang arti dan makna kata sayang:

  • Sayang adalah perasaan seseorang kepada orang lain yang mereka anggap penting buat hidup mereka.
  • Sayang itu... Bisa menerima dia apa adanya. Bisa menerima dia saat terbaiknya maupun saat terburuknya. Bisa menerima dia dengan semua kelebihan maupun kekurangannya.
  • Sayang itu datangnya dari hati, sayang tidak bisa di duga-duga, tapi sayang bisa meyakitin rasa hati. 

Kebanyakan dari kita sangat mengagumi dan menggemari kata sayang sebagai ungkapan yang memiliki arti luas. Namun, tak jarang juga diantara kita yang tak memaknai kata sayang, bahkan asal-asalan saja mengungkapkannya demi terlihat romantis. Kadang ada juga seorang pria yang mengatakannya pada beberapa wanita tanpa keseriusan dan dengan mudah saja melupakannya. Padahal kata sayang meiliki arti yang amat mendalam.

Kata “sayang” dibentuk dari kata dalam bahasa umat Hindu, yaitu “Sa” dan “Hyang”. “Sa” artinya Satu dan “Hyang” artinya Tuhan. Jika disatukan, maka akan membentuk makna baru yaitu Tuhan Yang Satu. Dengan pemahaman makna kata “sayang” tersebut, dapat menjaga kita agar tak sembarangan dalam mengucapkannya.

Bila diartikan lebih luas, kata sayang bermakna kasih Tuhan yang satu yang ada dalam hati setiap makhluknya. Jadi, bila Anda mengaku sayang pada seseorang, Anda perlu sadar bahwa kasih yang terbentuk antara dia dan Anda ialah kasih dari Tuhan yang ada pada hati Anda masing-masing, sehingga tidak terbersit niat untuk memainkan kata-kata untuk tujuan yang tidak jelas.

Dewasa ini, kata “sayang” banyak terucap dari mulut orang-orang yang sedang berpacaran. Beberapa diantaranya menyimpan suatu makna tersirat untuk menyatakan seuatu. Bangi Anda yang memiliki pasangan dan ingin tahu apa arti kata “sayang” dari kekasih Anda, silakan simak ulasan berikut ini yang diambil dari sumber yang relevan.

1. Aku Sayang Kamu
Kata yang satu ini terdengar sederhana dan mudah, namun apakah maknanya juga seperti itu? Mari cermati ulasan berikut. Bila seseorang telah mengatakan kata-kata tersebut, ini berarti hati orang tersebut telah menyayangi seseorang dengan sungguh-sungguh. Tak ada kebohongan yang terselip, karena kata tersebut terucap dari hati yang tulus. Rasakanlah dengan mendalam, untuk mengetahui kebenaran perkataannya.

2. Aku Selalu Sayang
Ungkapan “Aku Selalu Sayang” mengungkapkan tentang Si Pengucapnya pada saat ini serta niatnya untuk tetap mempertahankan perasaannya sampai kapanpun. Niat dan kesungguhan dalam kata “Aku selalu sayang” dapat dilihat pada seseorang yang mengucapkannya bila dia mengeluarkan kata-kata itu secara khidmat.

Kadang, ada juga seorang yang tidak bisa serius mengucapkannya, jadi ia mengatakannya ditengah-tengah bercanda atau melakukan aktifitas yang tidak ada hubungannya dengan perasaan. Namun kesungguhan itu masih dapat ditangkap dari kesan yang timbul di matanya. Seseorang yang hatinya khidmat mengatakan sayang, sorot matanya akan terlihat meredup atau teduh, walau dia sedang terlihat tidak serius. Percayalah, orang seperti itu ada.

3. Aku Tetap Sayang
Kata ini adalah kata mujarab yang sering muncul ketika terjadi konflik dalam suatu hubungan, baik itu persahabatan, percintaan maupun hubungan keluarga. Kata ini mujarab karena mampu meredam konflik yang terjadi. Makna dalam kata ini ialah menegaskan perasaan sayang yang tidak akan hilang walaupun suatu hubungan terpisah dan bubar. Biasanya, kata sayang ini diucapkan seseorang yang benar-benar menyayangimu dan mampu menerima segala risiko dalam hubungan.

4. Aku Masih Sayang
Berbeda dengan kata-kata “Aku tetap sayang”, perkataan “Aku masih sayang” lebih condong pada keinginan untuk mempertahankan hubungan, dan ingin menyatakan bahwa tak ada alasan untuk hubungan ini berakhir. Namun hal yang mendasari kedua kalimat itu bisa sama, yaitu munculnya konflik dalam suatu hubungan. Orang yang tulus mengucapkannya biasanya akan menampakkan raut muka sedih atau takut kehilangan.

5. Aku Benci Kamu
Pada saat seseorang mencapai batas kesabaran dan kemerahan memenuhi hatinya, biasanya kata “Aku benci kamu” akan spontan terucap dari mulutnya. Namun apabila seseorang mengucapkannya sambil berderai air mata, kemungkinan dia masih merasakan kasih sayang, namun terlalu benci dengan perlakuan orang bersangkutan.

Tapi ada juga lo yang mengucapkannya dengan makna kebalikan. Karena dia terlalu gengsi mengucapkan “aku sayang kamu”, makanya dia terpaksa mengucapkan “aku benci kamu” dengan makna yang kebalikan, sebenarnya dia amat menyayangi Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Arti dan Makna Dari Kata Sayang"

Post a Comment

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...