Euglenophyta (Euglena)


http://dosenbiologi.com/tumbuhan/jenis-jenis-alga
Euglena granulata
Alga jenis ini memiliki struktur antara algae sebenarnya dan protozoa. Penciri khususnya adalah memiliki flagella, dapat bergerak menggunakan flagellanya, uniseluler, biasanya ditemukan di perairan yang bersih khususnya pada daerah yang kaya bahan organik, habitatnya pada perairan air tawar dan tempat yang lembab. Memiliki struktur titik mata (eyespot/stigma) yang merupakan organ primitif yang memungkinkan untuk menentukan tingkat cahaya di lingkungan.

Euglena terbilang unik karena beberapa sifatnya seperti tumbuhan yaitu memiliki kloroplas dan memproduksi energi dari proses fotosintesis. Adapun sifat seperti hewan ditunjukkan pada beberapa jenis yang heterotrof yaitu mampu mengasimilasi substansi organik selama fotosintesis. Bahkan, beberapa jenis Euglena dapat menelan makanan berbentuk partikel melalui lubang lubang di seluruh permukaan tubuhnya.

Contohnya Euglena granulata yang tidak memiliki dinding sel, organel sitoplasma nya mengandung vakuola, inti, kloroplas, mitokondria, paramylon (suatu polimer glukosa).

Tidak dapat bereproduksi secara seksual, umumnya secara aseksual dan vegetatif. Umumnya menjadi masalah pada pada aquarium karena mengakibatkan air menjadi keruh berwarna kehijauan dan kental. Contoh lainnya adalah Euglena gracilis dan Euglena viridis.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Euglenophyta (Euglena)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...