Bacillariophyta (Diatom)


http://dosenbiologi.com/tumbuhan/jenis-jenis-alga
Stephanodiscus sp.
Diatom (diatome) adalah algae unisel yang memiliki tudung keras yang dinamakan frustule, yang tersusun dari silica dan tertutup oleh lapisan organik. Dinding selnya terdiri dari epiteka dan hipoteka.

Reproduksi secara vegetatif dengan membelah diri. Tubuhnya berwarna kuning keemasan. Habitatnya pada air tawar, air laut dan tempat basah atau lembab. Sebagian hidup bebas dan sebagian lagi hidup berkoloni. Bentuk kloroplasnya bervariasi, yaitu seperti cakram, seperti huruf H, periferal, dan pipih.

Perannya sebagai fitoplankton dan produsen primer bagi trofik di atasnya. Pada beberapa literatur, Bacillariophyta (Diatom) ini dimasukkan ke divisi Chrysophyta (golden algae) karena susunan pigmennya yang mirip.

Fosilnya banyak digali dan digunakan sebagai bahan bangunan atau bahan penyaring (filter) dan bahan pengikis serta digunakan dalam industri kostruksi termasuk bahan tambahan pada semen dan bahan bahan konstruksi lainnya.

Contoh spesiesnyan adalah Stephanodiscus alpinus, Stephanodiscus astrea, Stephanodiscus parvus, Stephanodiscus minutulus dan Cymbella cistula serta Cymbella ventricosa.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Bacillariophyta (Diatom)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...