Chrysophyta (Golden Algae)


Vaucheria sp.
Alga jenis ini pada umumnya banyak yang hidup di habitat perairan air tawar. Tubuh bersel tunggal (uniseluler) dan sebagian kecil multiseluler, membentuk koloni, dinding sel mengandung silica, memiliki dua flagella yang tidak sama panjangnya, cara hidup ada yang berenang bebas dan ada yang membentuk koloni.

Tubuh tersusun dari pigmen klorofil a dan c, serta pigmen tambahan berupa karoten yang menentukan warna kuning hingga keemasan yang turunan dari karoten ini adalah fucoxanthin, beta-carotine dan xanthophylls yang terkumpul di bagian kloroplas.

Hidup sebagian besar di perairan air tawar dan sebagian kecil di laut. Hampir semua dari alga jenis ini berperan dan menjadi komponen penting dalam eksositem laut yaitu sebagai bagian dari jenis jenis plankton yang disebut fitoplanklton.

Fitoplankton ini berperan sebagai produsen primer bagi trofik di atasnya. Contohnya alga yang uniseluler  atau bersel tunggal adalah Ochromonas danica, Ochromonas malhamensis  dan  Navicula lanceolata  atau biasa di sebut alga kersik (karakternya mirip dengan Bacillariophyta/diatom) serta alga yang multiseluler atau bersel banyak adalah Vaucheria geminata  dan Vauceheria  litorea.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Chrysophyta (Golden Algae)"

Post a Comment

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...