Cyanophyta (Blue Algae)


Anabaena sp.
Alga jenis ini merupakan satu satunya organisme yang prokariotik di mana tidak memiliki dinding sel mirip dengan bakteri sehingga sebutan lainnya adalah Cyanobacteria.

Walaupun tidak memiliki dinding sel (prokariotik) alga jenis ini memiliki klorofil yang digunakan dalam proses fotosintesis. Klorofilnya tidak terletak di dalam kloroplas namun tersebar di seluruh sitoplasma.

Sebagian merupakan uniseluler (biasanya merupakan fitoplankton) dan multiseluler (biasanya sebagai Nekton, Bentos atau Perifiton). Habitatnya berada di perairan (terutama perairan tawar) dan tempat-tempat lembab serta pada beberapa jenis ada yang mampu hidup pada perairan dengan suhu sampai 850C (sumber air panas) sehingga alga ini sering dianggap sebagai salah satu vegetasi perintis.

Contoh spesiesnya adalah Chroococcus dan Gloeocapsa yang hidup di air yang tenang dan menjadi epifit, Spirulina maxima yang dijadikan sebagai suplemen makanan bagi manusia, Anabaena azollae yang berinteraksi dengan Azolla pinnata (tanaman paku) yang hasil dari simbiosis ini mampu memfiksasi Nitrogen di udara. Pada beberapa literatur Cyanophyta dikeluarkan dari kelompok alga karena karakteristiknya yang sangat dekat dengan kelompok eubacteria.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Cyanophyta (Blue Algae)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...