Pyrrhophyta (Dinoflagellata)

Gonyaulax catenella
Alga ini dikenal juga dengan nama alga api, hal ini karena tubuhnya dapat berpendar karena memiliki kandungan fosfor. Kemampuan untuk berpendar atau menghasilkan cahaya ini dinamakan bioluminescent. Alga ini uniseluler memiliki dua flagella, dan diselubingi oleh lapisan selulosa. 

Kebanyakan adalah plankton di lautan, beberapa pada perairan yang bersih dan bergantung pada temperatur, salinitas dan kedalaman. Alga bersifat heterotrof (saprofit, simbiotik, parasit, atau hidup bebas). Mengandung klorofil a dan c, β‐carotene, xanthophyll. Berperan menjadi produsen primer dan menjadi bagian penting dalam rantai makanan di laut.

Beberapa spesies hidup bebas dan berinteraksi simbiosis dengan organisme lain di beberapa jenis jenis terumbu karang dan coral. Spesies Gonyaulax catenella amemproduksi toksin saxitoxin yang neurotoksik, yang dikeluarkan saat ride tide (populasi dari Gonyaulax yang membludak 40-60 milyar per liter air laut) yang sering mengkontaminasi hewan laut seperti kerang, cumi‐cumi dan biota laut lain serta meracuni manusia. Contoh organisme lainnya adalah Ornithocercus magnificus.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Pyrrhophyta (Dinoflagellata)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...