Musim dan Perbedaan Waktu Pada Bumi


Bumi bergerak mengelilingi matahari menurut suatu lintasan yang agak berbentuk elips, dan terletak pada bidang ekliptikal. Dalam gerakan ini sumbu bumi boleh dikatakan selalu berada pada arah yang tetap dalam ruang angkasa; sudut antara bidang ekuator dengan bidang ekliptika adalah 23 derajat 27 menit.

Matahari berada pada sebuah titik api dari lintasan elips itu; jarak matahari-bumi yang terpendek adalah pada tanggal 3 Januari (147 juta km, perihelium); yang terpanjang pada tanggal 3 Juli (152 juta km, aphelium).

Berdasarkan Hukum Petak Kepler (Hukum Kepler ke-2) ternyata bahwa bumi menempuh lintasannya lebih cepat pada bulan September sampai Maret daripada bulan Maret sampai September. Dengan demikian musim rontok dan musim dingin bagi belahan bumi utara agak lebih singkat daripada musim semi dan musim panasnya.

Adanya siang dan malam adalah akibat perputaran bumi pada sumbunya sendiri. Jangka waktu siang, yaitu selama matahari berada di atas kaki langit, berbeda-beda untul setiap garis lintang; bergantian dengan titik kulminasi matahari pada tengah hari.

Perbedaan dalam jangka waktu siang antara musim panas dan musim dingin semakin besar pada garis lintang yang lebih besar. Di daerah kutub terjadi pergantian 6 bulan siang dan 6 bulan malam; pada garis ekuator siang dan malam selalu sama panjang. Perputaran bumi mengakibatkan bahwa waktu, yang diperhitungkan menurut matahari, berbeda-beda pada setiap garis bujur.

Bilamana di Amsterdam matahari berada pada puncaknya pukul 12 tengah hari, di New York masih pagi sekali; sedangkan di Moskow sudah menjelang sore. Untuk menetapkan waktu menerut tinggi matahari setempat, seyogianya kita pada setiap perjalanan ke timur atau barat selalu menyesuaikan arloji.

Dengan adanya waktu-waktu regional atau daerah, maka kerepotan itu dapat diatasi. Setiap daerah sebesar 15 derajat garis bujur menetapkan waktu yang tepat untuk bagian pertengahan daerah itu (waktu menengah).

Tempat-tempat yang menunjukkan ciri musim secara khas, tercermin dari warna-warna pemandangan alamnya; musim rontok menampilkan warna-warna musim rontok yang lunak, musim panas dengan warna-warna yang cerah.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Musim dan Perbedaan Waktu Pada Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...