Ukuran Butiran Sedimen (skala Wentworth dan skala AFNOR)

Menurut Middleton (2003); Boggs (2006) dalam Billy (2018), ukuran butiran sedimen adalah acuan metrik eksternal untuk menentukan besaran mutlak dari suatu partikel sedimen.

Partikel atau butiran sedimen memiliki ukuran yang kisarannya dari beberapa mikron hingga beberapa meter.

Partikel berupa debu dapat memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu beberapa mikron, sedangkan partikel meteorit dapat memiliki diameter sampai beberapa meter.

Berbagai klasifikasi dipergunakan dalam menganalisis komposisi dan distribusi ukuran sedimen, di antaranya menurut skala Wentworth (sistem Amerika) dan skala AFNOR (sistem Prancis).

Ukuran Butiran Sedimen Menurut Skala Wentworth.

Ukuran Butiran Sedimen Menurut Skala AFNOR.

Penggunaan skala pengklasifikasian sedimen memiliki hubungan yang erat dengan peralatan penyaring (ayakan) yang digunakan. Adanya kesesuaian antara ukuran-ukuran ayakan sebagai pemisah ukuran butir sedimen dan skala yang digunakan, akan membantu dalam proses klasifikasi yang dilakukan. Skala Wenworth bersifat universal, karena skala ini berhubungan langsung dengan analisis distribusi granulometri sedimen.


Billy P., 2018. Foraminifera Pada Lahan Gisik Dan Pantai Malalayang Dua. Skripsi, Tidak Dipublikasikan. FPIK Universitas Sam Ratulangi, Manado. 37 hal.

Kairupan A.AF., 2002. Proses Pembentukan Lahan Gisik Di Pantai Kelurahan Batulubang Kecamatan Bitung Selatan. Skripsi, Tidak Dipublikasikan. FPIK Universitas Sam Ratulangi, Manado. 71 hal.

Manengkey H.M.K., 2011. Sebaran Ukuran Fisik Sekitar Groin Pantai Kalasey. Jurnal Perikanan Dan Kelautan Tropis, 8(3), hal. 132-147.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Butiran Sedimen (skala Wentworth dan skala AFNOR)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...