5 Tips Menghemat Ala Mahasiswa Semester Banyak


Untuk sahabat PlayStikers khususnya calon anak kos, kalian wajib membaca tips ini sampai selesai, karena tips ini adalah hasil dari pengalaman admin selama bertahun-tahun hidup sebagai anak kos.

Menjadi anak kos bukanlah hal yang mudah, sebab kita tidak bisa memprediksi halangan dan rintangan apa yang akan kita hadapi. Mungkin hari ini teman-teman bisa merasakan makanan enak, namun belum tentu hari esok teman-teman bisa merasakan hal yang serupa.

Hidup jauh dari orang tua dan keluarga, membuat kita harus lebih dewasa dan harus punya segala macam cara untuk melakukan penghematan. Untuk menghemat di saat menjadi anak kos, ada 5 tips menghemat ala mahasiswa semester banyak, yaitu:


1. Pacaran

“Bukannya pacaran itu membuat kita jadi boros?”

Mungkin kebanyakan orang di luar sana menganggap berpacaran itu akan membuat kita boros, karena harus isi kouta buat WhatsApp pacar, biaya apelin pacar dan lain sebagainya. Intinya, mereka akan menilai bahwa dengan berpacaran akan membuat kita kanker alias kantong kering.

Berbeda dengan tips kali ini, untuk benar-benar hemat di saat menjadi anak kos itu, ya harus dengan berpacaran. Namun berpacaran yang dimaksud, tidak sama seperti di atas. Berpacaran disini, yaitu berpacaran dengan anak orang kaya. Kalian pasti tahu maksud dari tips pertama ini hehehe...

Jadi, ketika kita berpacaran dengan anak orang kaya, maka kita telah melakukan investasi jangka panjang. Tapi kalian harus ingat, investasi ini harus di lakukan dengan cara yang matang, karena dengan cara yang matang, maka kalian bisa menghemat dan mendapatkan keuntungan dalam waktu yang bersamaan. Udah hemat, dapat untung lagi.


2. Sedia Sendok Sebelum Kenyang

“Apa gak salah? Kan yang benar ; sediakan payung sebelum hujan.”

Pepatah ‘sediakan payung sebelum hujan’ sudah gak berlaku lagi ketika kita menjadi anak kos. Sebab anak kos sejati punya pepatah sendiri, yaitu: sediakan sendok sebelum kenyang. Artinya, ketika kita di kampus atau di tempat kerja, biasanya banyak teman-teman kita yang membawa bekal. Nah, saat itulah sedok kita akan berguna.

“Hey bro. Aku nyicip ya…”
“Nyicip ya bro…”
“Nyicip ya…”
“Nyicip……..”


3. Malu Menebeng, Mahal Dijalan

“Ini pepatah apa lagi? Bukannya yang benar itu ; malu bertanya sesat dijalan!”

Pepatah itu sudah ketinggalan zaman. Tidak cocok dengan zaman anak kos seperti kita, yang cocok itu ‘malu menebeng, mahal di jalan.’ Maka dari itu, kita harus pintar memperbanyak teman. Kalau bisa, kita cari teman yang punya kendaraan dan searah. Jadi, kalau pergi atau pulang kampus/tempat kerja, kita bisa nebeng saman teman kita. Ingat, jangan pernah malu untuk menebeng, sebab tidak ada anak kost yang pemalu!


4. Keluar Di Malam Minggu

“Bukannya keluar di malam minggu itu bisa menghabiskan uang kita?”

Betul. Kalau kita malam minggu hanya nongkrong di kafe atau warkop, uang kita pasti akan cepat habis. Makanya jangan nongkrong di kafe atau warkop, tapi nongkrong di rumah teman. Karena kalau kita malam minggu nongkrong di rumah teman, kita bisa melanjutkan ke tips berikutnya yaitu, menginap.


5. Menginap

Dengan menginap di rumah teman, kita bisa menghebat biaya makan malam. Karena di rumah teman pasti persediaan makanannya banyak. Bukan hanya itu, kita juga bisa menghemat biaya internet kalau di rumah teman punya wifi dan kita juga bisa menghemat biaya sarapan hehehe...

Itulah 5 tips menghemat yang harus teman-teman lakukan di saat menjadi anak kos. Tapi ingat, sebelum teman-teman menggunakan 5 tips ini, teman-teman harus membuang semua rasa malu yang ada dalam diri teman-teman, karena tidak ada anak kos yang pemalu. Camkan itu!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menghemat Ala Mahasiswa Semester Banyak"

Post a Comment

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...