3 Fakta Mengenai Gaya Hidup Modern

Gaya hidup adalah seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Istilah gaya hidup dalam bahasa Inggris yaitu Lifestyle yang artinya gambaran tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana aktivitas seseorang, minat dan ketertarikan serta apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga membedakan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia dalam masyarakat. Menurut Plummer dalam buku yang dikarang oleh Sutisna bahwa gaya hidup adalah cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan.



Gaya Hidup Modern

Istilah modern, modernitas, modernisasi, dan modernisme adalah istilah-istilah generik, yang dalam banyak hal, dikontraskan dengan tradisional. Modern menunjukan ciri atau sifat serta waktu yang menunjuk pada era industri barat abad ke-16 (sejarah umum barat) dan abad ke-19 (sejarah Islam). Modern sebagai kata sifat berarti terbaru, mutakhir (biasanya lebih baik dari sebelumya).

Modernitas adalah produk dari modernisasi (proses kemoderenan) sedang modernisme adalah faham yang meyakini bahwa sifat, karakter, serta budaya yang dihasilkan melalui proses modernisasi. Dalam era industrialisasi barat, kata modern identik dengan produk industri barat modern. Siapa saja yang mengenakan produk barat maka ia disebut sebagai orang yang modern.

Gaya hidup modern merupakan gaya hidup yang selalu mengikuti zaman, dimana gaya hidup ini memiliki beberapa perbedaan dengan gaya hidup tradisional. Gaya hidup yang modern ini sudah banyak diterapkan oleh orang-orang perkotaan, bahkan sudah menjalar kepada orang-orang desa.

Perkembangan gaya hidup seseorang tentu tak pernah lepas dari perkembangan teknologi yang cukup pesat. Dimana hal ini tentu juga mempengaruhi perkembangan gaya hidup seseorang, misalnya seperti seseorang menjadi lebih malas bergerak sebab hanya mengandalkan mesin, dan lain sebagainya. Berikut ini ada tiga fakta mengenai gaya hidup modern.

1. Selalu Gengsi
Gaya hidup masyarakat modern yang banyak ditemukan saat ini, dimana mereka memiliki rasa gengsi yang cukup gede. Pada umumnya mereka menuangkan gengsinya dengan barang-barang mewah yang dimiliknya, seperti mobil paling mewah, hp paling keren, pakaian dengan brand-brand kelas internasional, dan seterusnya.

2. Aktif Di Media Sosial
Salah satu fenomena yang sudah mulai merebak di kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dimana mereka yang bergaya hidup ala modern pastinya memiliki ponsel yang memiliki fitur tinggi. Sebab kelompok ini merupakan orang-orang yang cukup aktif di media sosial. Umumnya mereka memiliki akun di berbagai jenis media sosial dan biasanya mereka juga sering meng-upload berbagai kegiatan-kegiatan mereka.

3. Keliling Dunia
Salah satu gaya masyarakat modern adalah mereka memiliki mobilitas yang tinggi, dimana mereka bisa saja mengunjungi beberapa pulau dalam seminggu. Dan tentunya mereka berkunjung bukan hanya untuk masalah pekerjaan saja, sebab mereka juga berkunjung sebagai ajang untuk traveling untuk menemukan tempat-tempat yang sekiranya bisa membuat mereka terhibur.

Itulah beberapa fakta mengenai gaya hidup modern. Apakah anda termasuk salah satu dari orang yang memiliki gaya hidup modern? Tentunya anda bisa menilai sendiri, entah dari sisi positif atau negatif itu tergantung dari anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

1 Komentar untuk "3 Fakta Mengenai Gaya Hidup Modern"

  1. Sangat sepatak, bahwa masyarakat modern lebih tinggi gingsinya daripada pengetahuannya.

    ReplyDelete

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...