3 Makanan Khas Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung Ke Kota Manado

Selain terkenal dengan keindahan taman lautnya, Manado juga terkenal dengan makanan khas yang memiliki cita rasa pedas dan bumbu khas yang menggoda selera. Sajian kuliner eksotis dari tanah Nyiur Melambai ini kebanyakan berbahan dasar yang diperoleh dari kekayaan hasil alam Manado.

Jika sahabat PlayStikers.com berencana berlibur ke Manado, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut ini agar tidak kebingungan saat akan berburu sajian kuliner makanan khas Manado. Berikut ada 3 makana khas Manado yang wajib untuk anda cicipi.


1. Bubur Manado


Bubur Manado atau Tinutuan merupakan salah satu makanan khas Manado yang sudah terkenal di seluruh pecinta kuliner Indonesia. Bubur yang diolah dari beras kemudian dibumbui dengan aneka rempah dan dicampur dengan sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, daun kemangi, ubi merah, jagung pipil dan daun gedi serta aneka lauk.

Bubur ini biasanya disantap bersama sambal bakasang atau dabu-dabu. Selain enak, bubur ini juga memberikan asupan gizi yang banyak karena bahan pelengkapnya yang bermacam-macam dan menyehatkan.


2. Ikan Woku Belanga


Ikan woku belanga merupakan makanan dengan bumbu khas ala Manado yang diolah dari beragam bumbu seperti daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan juga tambahan bumbu lainnya sehingga memiliki cita rasa pedas segar dan juga aroma yang wangi.

Woku belanga berarti olahan yang dimasak dalam belanga (panci). Woku sendiri berasal dari kata woka. Daun woka atau daun lontar biasanya dijadikan pembungkus dalam beberapa pengolahan atau hidangan khas Minahasa.

Ikan woku belanga sangat pas disajikan dalam keadaan hangat. Bisa dipadukan dengan nasi hangat atau beragam sajian lain seperti nasi bungkus.


3. Cakalang Fufu


Cakalang fufu merupakan makana yang di olah menggunakan bahan ikan cakalang yang masih segar. Ikan cakalang ini dijepit menggunakan kerangka yang terbuat dari bambu lalu diberi bumbu khusus kemudian di asapi.

Proses pengasapan ini akan menambah ketahanan dan jangka penyimpanan ikan ini akan lebih lama, sehingga ikan cakalang fufu ini menjadi lebih awet sebelum di olah menjadi aneka jenis makanan lezat. Olahan ikan cakalang fufu yang paling enak menurut kebanyakan orang adalah cakalang fufu saus atau cakalang fufu santan.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "3 Makanan Khas Yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung Ke Kota Manado"

Post a Comment

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...