5 Manfaat Binte Biluhuta (Makanan Khas Gorontalo) Bagi Kesehatan

Binte Biluhuta atau lebih akrab dikenal dengan sebutan Milu Siram merupukan makanan yang sudah ada sejak dulu dan diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang orang Gorontalo, sehingga menjadikan makanan ini sebagai makanan khas yang paling populer di daerah Gorontalo.

Secara etimologi, kata Binte Biluhuta berasal dari bahasa daerah Gorontalo. Binte artinya jagung dan Biluhuta artinya disiram, jadi Binte Biluhuta berarti jagung (milu) yang disiram.


Makanan yang berbahan dasar jagung ini diolah dengan bumbu khas Gorontalo dan di tambah dengan rempah-rempah, seperti daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis serta kelapa yang telah diparut. Milu siram juga kerap dinikmati dengan ikan dan udang.

Sebagai makanan yang berbahan dasar jagung, maka sudah dipastikan bahwa orang yang mengkonsumsi milu siran akan terhindar dari berbagai penyakit. Vitamin C, karotenoid, dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung akan menjaga jantung dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Berikut ini ada 5 Manfaat Binte Biluhuta Bagi Kesehatan.

1. Melawan Anemia
Vitamin B12 dan asam float yang ditemukan dalam jagung membantu mencegah anemia (penurunan sel darah merah) yang disebabkan kekurangan vitamin. Jagung juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah baru.

2. Melawan Kanker
Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan jagung kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Jagung juga kaya asam ferulat, agen antikarsinogenik yang telah terbukti efektif dalam melawan tumor dan kanker hati.

3. Meningkatkan Kadar Vitamin A
Jagung manis kaya akan beta-karoten, yang selanjutnya akan diubah menjadi vitamin A, merawat penglihatan dan kulit yang luar biasa. Beta-karoten yang tidak diubah menjadi vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang sangat baik dan melawan penyakit, seperti jantung dan kanker.

4. Baik untuk Pencernaan
Jagung kaya akan serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu mampu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.

5. Kaya Vitamin B
Jagung kaya akan vitamin B, terutama thiamin (B1) dan niacin (B3). Tiamin sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sementara niacin mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi masalah kardiovaskular.

Manfaat jagung dalam meningkatkan HDL telah teruji. Hal ini membuat jagung dipilih sebagai salah satu bahan dalam kandungan Nutrive Benecol karena terbukti membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Itulah beberapa manfaat Binte Biluhuta bagi kesehatan. Nah, jika sahabat PlayStikers.com ingin memulai pola hidup sehat, tidak ada salahnya untuk menjadikan Binte Biluhuta sebagai menu utama.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Binte Biluhuta (Makanan Khas Gorontalo) Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...