Manfaat Minuman Khas Jawa Tengah (Es Teler) Bagi Kesehatan

Es teler adalah salah satu minuman khas Jawa Tengah. Asal mula es teler ini berasal dari Kabupaten Sukoharjo, tepatnya pada tahun 1957, minuman ini muncul untuk pertama kali.

Es teler merupakan es yang berisi potongan dari buah alpukat, kelapa muda, nangka matang dan juga santan kelapa encer dengan pemanisnya berupa sirup. Untuk es yang bisa dipakai pada es teler ini ada yang menggunakan es batu dan ada juga yang menggunakan es serut.

Sedangkan untuk variasi lain dari es teler ini umumnya berisi kolang-kaling, cincau, pacar cina, pepaya, potongan buah apel, melon, roti, sawo, dan juga agar-agar. Hal ini membuat banyak yang tidak bisa membedakan antara es teler dengan es buah.


Es teler juga merupakan jenis kuliner yang murni atau yang lebih dikenal dengan istilah Fresh from Nature, tanpa diolah dan hanya dipotong lalu dibersihkan kemudian diberi kuah dengan rasa sesuai selera. Maka dari itu tidak mengherankan jika es teler ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan besar manfaatnya terutama untuk kesehatan. Nah, pengen tahu apa saja manfaat es teler bagi kesehatan? Baca artikel ini sampai habis ya.

Salah satu buah yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan es teler adalah buah alpukat, dan ternyata pada buah alpukat ini tersimpan rahasia nutrisi yang sangat baik bagi tubuh manusia, diantaranya seperti:

Mencegah Adanya Penyakit Alzheimer - Alpukat ini memiliki khasiat bisa mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Nutrisi alami pada alpukat misalnya saja seperti vitamin E, omega, dan lemak sudah terbukti secara klinis bisa menghentikan penyakit Alzheimer.

Kesehatan Kulit - Kandungan dari lemak dan juga vitamin E yang ada pada alpukat ini dipercaya bisa menjaga keindahan kulit serta dapat memperlambat datangnya keriput.

Pelindung Mata - Bisa meningkatkan lutein sehingga bisa melindungi dari terjadinya degenerasi makular dan juga pembentukan katarak.

Mengurangi Kolesterol - Beta sitosterol yang terkandung pada alpukat ini bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

Pencegah Stroke - Tingkat folat yang tinggi pada alpukat selain sangat baik untuk ibu hamil juga bisa berperan sebagai pencegah stroke.

Sumber Makanan Berserat - Selain mengandung serat larut, alpukat juga mengandung serat tidak larut. Jadi selain bisa membantu mengurangi kadar kolersterol, juga memiliki kemampuan untuk menjaga fungsi usus dan juga membantu menghindari lonjakan gula darah paska makan.

Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik - Mengkonsumsi Alpukat bisa meningkatkan jumlah karotenid yang diserap dari makanan sampai 5 kali. Selain itu nutrisi yang terkandung pada alpukat juga bisa mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan pada lapisan mukosa usus halus.

Untuk Ibu Hamil - Buah alpukat ini merupakan sumber alami dari asam folat. Sedangkan asam folat ini sangat diperlukan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin yang sehat.

Buah yang Kaya Lemak Baik - Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau yang dikenal juga dengan lemak baik. Lemak ini bisa membantu kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Ini baru manfaat satu buah yang ada pada es teler. Belum lagi manfaat buah lain yang ada pada es teler. Maka dari itu, selain menyegarkan, sudah pasti es teler juga menyehatkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

1 Komentar untuk "Manfaat Minuman Khas Jawa Tengah (Es Teler) Bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...