Trump Mengancam Akan Menghancurkan Ekonomi Turki Jika Tidak Melakukan Gencatan Senjata


PlayStikers.comNews - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang sebelumnya memerintahkan pasukan AS menjauh dari daerah konflik, meminta gencatan senjata kepada Presiden Turki, Tayyip Erdogan.

Wakil Presiden AS, Mike Pence mengatakan Trump telah berbicara dengan koleganya dari Turki, Presiden Recep Tayyep Erdogan dan menyerukan gencatan senjata.

Trump juga akan memberlakukan sanksi kepada Turki dan menuntut sekutunya di NATO untuk menghentikan serangan militer di Timur Laut Suriah, yang mengakibatkan kembali terciptanya peperangan mematikan di dunia.

"Amerika Serikat tidak akan mentolerir invasi Turki di Suriah lebih jauh. Kami menyerukan Turki untuk mundur, mengakhiri kekerasan dan datang ke meja perundingan," ujar Wakil Presiden AS Mike Pence seperti diwartakan Reuters.

Trump juga berencana untuk menaikan tarif baja sebesar 25% kepada Turki dan segera menghentikan negosiasi kesepakatan dagangan AS-Turki senilai $ 100 miliar. Namun, langkah ini dengan cepat dikritik karena nilainya yang terlalu sedikit. "Rencana mengenakan paket sanksi terhadap Turki tidak cukup untuk membalikkan bencana kemanusiaan itu," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi.

Perintah eksekutif memberi wewenang kepada menteri keuangan untuk memberi sanksi kepada para pejabat Turki atas tindakan yang lebih lanjut mengancam perdamaian, keamanan, stabilitas, atau integritas wilayah Suriah.

Dalam pernyataan sebelumnya, Trump mengatakan dia sepenuhnya siap untuk dengan cepat menghancurkan perekonomian Turki jika para pemimpin Turki terus menempuh jalan berbahaya dan merusak ini.

"Saya sepenuhnya siap untuk segera menghancurkan ekonomi Turki jika para pemimpin Turki terus menempuh jalan berbahaya dan destruktif ini," kata Donald Trump, pada Senin, 14 Oktober 2019.

Langkah itu merupakan upaya konkret pertama AS untuk menghukum Turki, sekutunya di NATO, karena penyerbuannya ke daerah-daerah yang dipegang oleh sekutu Kurdi AS.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Trump Mengancam Akan Menghancurkan Ekonomi Turki Jika Tidak Melakukan Gencatan Senjata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...