Apakah Teknologi Memperburuk atau Meningkatkan Kondisi Manusia?

Berbicara tentang teknologi, pasti yang akan terlintas di kepala kita adalah telepon dan internet. Ya, karena ke duanya merupakan hasil dari kemajuan teknologi untuk mengurangi hambatan fisik manusia dalam halnya berkomunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Seiring berkembangnya teknologi, maka perdebatan filosofis juga muncul atas penggunaan sekarang dan masa depan teknologi di masyarakat, dengan perselisihan tentang Apakah Teknologi Memperburuk atau Meningkatkan Kondisi Manusia?


Penggunaan teknologi oleh manusia sendiri diawali dengan alat-alat sederhana yang dibuat oleh manusia pada jaman dahulu. Salah satu contoh perbedaan kemajuan teknologi pada jaman dahulu dan sekarang adalah teknologi otomotif, seperti halnya cikar (gerobak sapi). Mungkin cikar saat ini dianggap hal yang biasa saja, tetapi bagi manusia jaman dahulu, teknologi tersebut merupakan teknologi paling inovatif karena cikar sangat membantu manusia saat melakukan perjalanan dengan membawa muatan yang lebih. Namun jika dibandingkan dengan teknologi jaman sekarang, cikar mungkin hanya tinggal sejarah.

Teknologi mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia. Kemajuan teknologi telah membuat negara kita lebih aman dan hidup kita lebih mudah, akan tetapi mereka juga yang secara negatif telah mempengaruhi kehidupan kita. Teknologi telah membawa kita pada perbankan online, mobil pintar, TV pintar, HP pintar, komputer cepat kilat, dan realitas virtual. Bahkan karena teknologi juga sampai ada perang cyber, peretas, pencurian identitas, penguntit dunia maya, dan sejumlah hal buruk lainnya.

Masyarakat telah berubah dengan evolusi teknologi. Sebelum munculnya teknologi modern, hidup terasa berat karena pekerjaan yang kita lakukan terlalu banyak menghabiskan waktu kita, bahkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan saja memerlukan waktu sampai berhari-hari. Namun setelah berkembangnya teknologi modern, akses ke pendidikan, kedokteran, industri, transportasi dan lain-lain telah disederhanakan. Kenyamana dan efisiensi inilah yang diberikan oleh teknologi, sehingga manusia telah mengalami peningkatan dalam memenuhi segala kebutuhannya.

Teknologi informasi memberi wajah baru pada perpustakaan tradisional yang mencakup koleksi digital dan koleksi media tetap tradisional. Kita tahu bahwa perpustakaan tradisional dibatasi oleh ruang penyimpanannya, tetapi informasi digital memerlukan sedikit ruang untuk memuat informasi, sehingga perpustakaan digital memiliki potensi untuk menyimpan lebih banyak dokumen. Penggunaan teknologi informasi di perpustakaan digital itu akan meningkatkan jumlah pengguna dan meningkatkan harapan para pengguna.

Ada beberapa perkembangan teknologi modern yang memainkan peran utama dalam membuat kehidupan sehari-hari kita lebih efektif, contohnya televisi. Televisi juga merupakan pelayan yang baik, karena dianggap sebagai sumber informasi dan hiburan termurah saat ini.

Kemajuan teknologi hanya memberi manusia sarana yang lebih efisien untuk maju, maju dan maju. Ini memungkinkan kita untuk meningkatkan kenyamanan dan mencapai efisiensi di semua sektor kehidupan. Sebab kita tidak dapat mencapai kemajuan atau pengembangan apa pun, tanpa teknologi. Kita dapat memodernisasi industri kita sehingga kehidupan menjadi lebih mudah bagi kita sendiri dan bagi generasi berikutnya melalui teknologi yang dikembangkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

1 Komentar untuk "Apakah Teknologi Memperburuk atau Meningkatkan Kondisi Manusia?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...