Cara Membuat Situs Blog Kita Menjadi Aplikasi Android Hanya Dengan Menggunakan Smartphone

Bagi teman-teman blogger yang ingin membuat situs blognya menjadi aplikasi android sendiri, berikut ini adalah Cara Membuat Situs Blog Kita Menjadi Aplikasi Android Hanya Dengan Menggunakan Smartphone.

Mungkin sudah banyak yang memberikan tutorial untuk membuat blog kita menjadi sebuah aplikasi android, namun tutorial yang akan saya bagikan ini lebih di khususkan kepada para blogger yang hanya menggunakan hp android untuk mengegolah situs blog mereka.


Kelebihan dari tutorial ini mungkin pada aplikasi yang nantinya selesai dibuat, karena aplikasi ini bisa untuk melihat tampilan blog dengan dua tampilan, yaitu tampilan original dari blog kita dan tampilan sederhana namun sangat cepat. Pastinya sangat menarik jika situs blog kita sudah memiliki aplikasi sendiri, apalagi aplikasi ini memiliki dua tampilan.

Untuk membuat aplikasi ini, saya hanya menggunakan aplikasi Google Chrome dan sebuah situs pembuat aplikasi bernama Appsgeyser. Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita ke tutorialnya.

Langka pertama, teman-teman harus masuk dulu ke dalam Chrome dengan memasukan kata kunci Appsgeyser pada kotak pencarian Google. Jika teman-teman tidak ingin ribet, teman-teman bisa langsung mengklik www.appgeyser.com.


Setelah berada dalam situs Appsgeyser, klik CREATE NOW FOR FREE. Tujuannya supaya aplikasi yang akan kita buat menjadi gratis untuk di download.


Pada halaman CREATE APP teman-teman klik Website. Tujuannya, karena aplikasi yang akan kita buat adalah aplikasi website.


Ketika teman-teman berada pada halaman CREATE SMART URL APP khususnya pada kotak APP SETTINGS, teman-teman harus memasukan satu alamat atau URL situs web teman-teman. Jika telah selesai memasukan URL situs kita, langsung saja mengklik GO. Tujuannya agar Appsgeyser dapat secara otomatis memproses situs blog kita dengan mengambil informasi situs blog kita dan menyarankan template khas dari konten yang terdapat pada situs blog kita yang nantinya akan dijadikan sebuah aplikasi.


Langka berikutnya, scroll ke bawah untuk memilih warna tema dari aplikasi teman-teman, seperti warna menu, tab dan control dari aplikasi.


Scroll lagi ke bawah, maka teman-teman akan melihat icon Twitter, Facebook Page dan Youtube, jika pada situs blog teman-teman telah terkoneksi dengan akun-akun tersebut. Khusus untuk icon blog terdapat beberapa pilihan, nah disini teman-teman bisa menyesuaikan situs blog teman-teman. Namun disini saya menyarankan teman-teman untuk memilih Direct RSS link, tujuannya agar ketika ditampilkan ke tampilan sedernaha, aplikasi ini akan cepat memuat seluruh postingan yang ada di situs blog kita. Dan ketika aplikasi selesai dibuat, maka aplikasi tersebut akan memiliki ukuran yang kecil.


Scroll lagi ke bawah tepatnya pada Tabs, untuk Action bar saya memilih no dan Tabs position saya memilih Top, namun teman-teman bisa memilih sesuka teman-teman. Setelah selasai memilih, klik NEXT.


Pada kotak APP NAME, teman-teman harus memasukan nama dari aplikasi teman-teman lalu klik NEXT.


Untuk kotak DESCRIPTION, teman-teman bisa mengisinya dengan informasi dari situs blog teman-teman, kalau sudah klik NEXT.


Selanjutnya, pada kotak ICON saya memilih Custom icon. Tujuannya agar kita bisa memilih icon secara manual dan tentunya icon tersebut tidak akan kabur. Jika telah selesai memilih icon, klik NEXT.


Langkah selanjutnya, klik CREATE maka akan tampil kotak dialog untuk kita melakukan registrasi. Pada kotak dialog tersebut teman-teman klik Register, selanjutnya teman-teman bisa memilih jenis akun apa yang akan teman-teman daftarkan. Tujuan dari registrasi ini agar kita dapat mendownload aplikasi yang telah kita buat.


Setelah selesai melakukan registrasi, scroll lagi ke bawah maka teman-teman akan mendapati kotak bertuliskan DOWNLOAD APK dan klik pada kotak tersebut.


Selanjutnya teman-teman klik icon download yang berada tepat di bawah tulisan App is ready!


Langka terakhir teman-teman klik NEXT maka secara otomatis aplikasi yang telah kita buat akan langsung terdownload. Setelah selesai mendownload, teman-teman bisa langsung menginstal aplikasi tersebut.


Jika teman-teman telah selesai menginstalnya, maka tampilan dari aplikasi yang telah dibuat akan seperti ini. Bagaimana, sangat mudahkan? Selamat mencoba, sukses selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Situs Blog Kita Menjadi Aplikasi Android Hanya Dengan Menggunakan Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...