Cara Memutar Peta dan Arah Utara Di ArcGIS

Cara Memutar Peta dan Arah Utara Di ArcGIS - Memutar peta sekaligus dengan arah Utara itu sangat di perlukan, apalagi dalam hal menggambar sebuah lahan ke dalam bentuk sketsa.

Sebenarnya cara untuk memutar peta di ArcGIS itu sangat mudah, namun masih banyak para pemula yang tentunya masih binggung untuk melakukannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi teknik simpel untuk memutar peta menggunakan perangkat lunak ArcGIS.

Sebelum kita masuk pada topik pembahasan, tentunya teman-teman wajib memiliki aplikasi ArcGIS dan sebuah peta yang ingin kita ubah arah utaranya. Jika teman-teman sudah memilikinya, langsung saja kita ke langka pertama.

Seperti biasa, teman-teman harus masuk dulu ke ArcGIS dan menyiapkan sebuah peta yang ingin teman-teman ubah arah utaranya.


Selanjutnya, teman-teman klik Layout View > Insert > North Arrow. Tujuannya untuk menampilkan arah mata angin dari peta tersebut. Disini saya menggunakan sebuah peta Indonesia sebagai contohnya (perhatikan peta dan arah mata anginnya).


Langkah berikutnya, klik Customize > Toolbars > Data Frame Tools. Tujuannya adalah untuk menampilkan Data Frame Tools dari peta tersebut.


Ini adalah tampilan Data Frame Tools dari peta tersebut, dan angka-angka yang terdapat di Data Frame Tools merupakan arah mata angin dari peta tersebut.


Katakanlah saya ingin memutar peta saya ke arah 20°, maka saya harus mengatur Data Frame Tools ke angka 20. Begitu juga jika teman-teman ingin mengaturnya ke arah yang diperlukan, teman-teman hanya perlu menganti angka tersebut sesuai kebutuhan teman-teman.

Bagaimana, sangat mudahkan? Saya rasa teman-teman sudah pasti bisa melakukannya, karena ini hanyalah sebuah trik simpel untuk teman-teman, apa lagi teman-teman dari PlayStikers sudah pasti orangnya pintar dan hebat-hebat :D

Selamat mencoba, sukses selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Cara Memutar Peta dan Arah Utara Di ArcGIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...