Inilah Aplikasi GPS Untuk Android Dengan Titik Koordinat yang Akurat

Bagi anda yang ingin mengambil data lokasi untuk keperluan penelitian atau survei lapangan namun tidak memiliki GPS, tenang saja. Berikut ini adalah Aplikasi GPS Untuk Android Dengan Titik Koordinat yang Akurat.

Mencari aplikasi GPS yang baik itu memang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, aplikasi GPS yang beredar di Play Store itu sangat banyak dan belum tentu semuanya memiliki program yang baik untuk menunjang keperluan anda pada saat anda berada di lapangan. Namun berdasarkan pengalaman saya setelah mencoba beberapa aplikasi GPS gratis di Play Store, saya menemukan salah satu aplikasi dengan keakuratan titik koordinat yang bisa bersaing dengan perangkat GPS seperti GPSmap 62s GARMIN, yaitu aplikasi RTKGPS+.


Ini adalah tampilan perbandingan titik koordinat dari aplikasi RTKGPS+ dengan perangkat GPS seperti GPSmap 62s GARMIN.

Terlihat titik lokasi pada aplikasi RTKGPS+ yang saya gunakan, menampilkan koordinat N 01° 27′ 13.1992″ dan E 124° 49′ 0886″, sedangkan pada perangkat GPSmap 62s GARMIN menampilkan koordinat N 01° 27′ 13.2″ dan E 124° 49′ 57.0″, cukup akuratkan.

Inilah aplikasi yang sering saya gunakan pada saat berada di lapangan. Aplikasi ini sangat membatu pada saat keperluan survei di lapangan, apalagi saat anda ingin membuat gambar peta dari titik-titik koordinat di Arcgis, aplikasi ini dapat membatu anda.

Aplikasi RTKGPS+ adalah aplikasi portal RTKLIB yang dikembangkan oleh Tomoki Takasu. RTKGPS+ dapat menghitung posisi GPS secara tepat dengan menggunakan algoritma RTKLIB (Realtime Kinematic atau Precise Point Positioning).


Kelebihan dari aplikasi RTKGPS+ ini terdapat beberapa fitur seperti:
  1. Menampilkan ketinggian dalam tampilan status.
  2. Dapat menghasilkan file GPS dari trek.
  3. Dapat menampilkan hasilnya dalam sistem koordinat ECEF, WGS84 Lat / Lon, NAD83, Lambert 93 (RGF93) atau UTM (dengan zonasi otomatis).
  4. Dapat menampilkan tinggi ellipsoidal atau ketinggian geodetic.
  5. Dapat menampilkan beberapa mode peta yang berasal dari IGN Geoportial (paket kadaster, satelit, jalan), Open Street Map Mapnik, dan Bing.
  6. Dapat mengunduh dan menggunakan ephemeris ultra-cepat IGS.

Aplikasi RTKGPS+ ini juga dapat secara otomatis mengunggah file log atau file cadangan ke akun Dropbox anda ketika anda selesai mengambil data di lapangan.

Jika anda ingin mengambil data lapangan atau hendak melakukan survei, seperti membuat peta dll, tidak ada salahnya jika anda menggunakan aplikasi RTKGPS+.

Anda bisa mendapatkan aplikasi RTKGPS+ ini secara gratis di Play Store hanya dengan ukuran 40 MB, dan aplikasi ini telah digunakan lebih dari 10 ribu orang. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Selamat mencoba, sukses selalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email GRATIS!

Belum ada Komentar untuk "Inilah Aplikasi GPS Untuk Android Dengan Titik Koordinat yang Akurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...